Tips mengatasi bau tak sedap pada vagina


                Pada dasarnya vagina mempunyai bau yang khas, tetapi bau tersebut tak tercium oleh penciuman. Untuk mengetahui apakah bau vagina yang dikeluarkan masih dalam kadar normal, hal itu ditandai dengan lendir vagina yang berlebihan di vagina. Beberapa faktor yang menyebabkan vagina bau tak sedap diantaranya adalah:
1.       Kurangnya menjaga kebersihan di daerah vagina sehingga terjadi perubahan-perubahan flora normal.
2.       Terdapat infeksi pada vagina
3.       Hubungan sexual yang menimbulkan penyakit menular seksual seperti GO dan sifilis. (lendir berubah warna dan gatal pada daerah intim)
4.       Adanya benda asing yang dimasukkan ke dalam vagina seperti tisu yang biasanya dilakukan dengan tujuan agar lubang vagina terasa lebih keset dan kering. Nah..kebiasaan tersebut bisa merangsang terjadinya reaksi alergi dan perubahan flora.
5.       Penggunaan pantyliners, bila tidak cocok bisa menyebabkan reaksi alergi seperti timbul rasa gatal, lendir akan keluar lebih banyak dan menimbulkan bau yang tidak khas.
6.       Celana berbahan panas dan menggunakan celana berlapis-lapis juga dapat mengakibatkan bau yang tidak sedap pada vagina. Karena daerah vagina menjadi lebih lembab dan memudahkan perkembangbiakan jamur.
Tips:
                Bila lendir keluar secara berlebihan hingga membuat celana dalam basah, yang harus dilakukan adalah mengganti celana dalam dan menjaga kebersihan daerah vagina. Oleh karena itu disarankan untuk mengganti celana dalam tiga kali sehari agar sirkulasi di daerah intim tersebut baik.
                Bila timbul perubahan bau, bisa diatasi dengan menggunakan pembersih vagina yang memiliki kandungan yang memiliki pH seimbang. Kalo dalam 2-3hari tidak mengalami perubahan segera periksa ke dokter.