mata merah setelah menggunakan softlens

Hallo dokter bima..
Saya Sherly umur 21 tahun, saya ingin menggunakan softlens supaya terlihat cantik hihi. Dulu saya pernah menggunakan softlens awalnya biasa saja.tapi lama kelamaan koq penglihatan saya makin kabur, setelah dilepas lambat laun kaburnya mulai menghilang. Karena ingin tampil cantik kira-kira 3 hari setelah pemakaian  saya pakai lagi, dan kejadiannya sama aja malah mata saya memerah di bagian dalam kelopak. Terus saya periksakan ke dokter mata dan dibilang mata saya iritasi.
Semalam diberi obat.keesokan harinya sembuh. Apa mata saya ada alergi dengan softlens ya dok?padahal saya ingin sekali kelihatan cantik dok saat difoto (saya berprofesi sebagai model). Oh iya dok  kalau pemakaian soflens yg baik tu gimana ya, maksimal penggunaan soflens brapa jam? Ini temenku numpang nanya sekalian dok..
mohon bantuannya dok.
terimakasih

-Sherly Mirela- via email


Mbak Sherly yang baik
Mungkin mbak sherly alergi dengan bahan softlens atau dalam pelaksanaannya masih ada yang keliru, atau mata mbak sherly memang kering dan ada gangguan di kelopak, sehingga pas mbak Sherly mulai pakai softlens, masalah yang sama muncul terus. Jadi ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam kasus ini 1.Cara penggunaan softlens 2.Gangguan pada mata 3.Alergi Softlens
Baiknya sebelum mulai menggunakan softlens kondisi mata mbak sherly diperiksakan dahulu ke dokter mata supaya tidak terjadi gangguan ke depannya. Karena kalo tanda adanya iritasi atau infeksi di mata akibat pemakaian softlens dibiarkan bisa berakhir dengan kebutaan, serem yah. Oleh karena itu, berhati-hatilah dan sayangilah matamu. Cantik kan tidak harus memakai softlens mbak, mungkin dengan tidak memakai softlens sisi kecantikan alamiah mata mbak lebih muncul.
Yak...kembali ke benang merah, pertanyaan yang sering muncul ke saya itu, Pemakaian softlens yang baik yaitu dengan memperhatikan higiene kita,artinya sebelum menggunakan softlens baiknya cuci tangan dahulu dengan menggunakan antiseptik lalu dibilas hingga bersih, meletakkan softlensnyapun jangan sembarangan, harus di tempat khusus softlens dan dalam kondisi tertutup dan berisi air mata buatan saat tidak terpakai. Untuk ukuran waktu sebaiknya tidak digunakan dalam waktu lama. Kalo pakai softlens kelamaan mata jadi merah dan perih, berarti harus segera lepas. Kalo kerasa kering berarti perlu ditetesin air mata buatan supaya mata tidak iritasi akibatnya menjadi merah dan perih. Sebaiknya gunakan softlens yang memang kadar airnya tinggi dan dari produsen yang memang sudah diakui kualitasnya.

Semoga Bermanfaat..