Tips Sehat Tanpa Jerawat


                Jerawat pada umumnya ditemukan berupa benjolan kecil berwarna kemerahan. Benjolan ini terjadi karena pori-pori yang tersumbat oleh sel-sel kulit mati, debu dan minyak yang dihasilkanoleh kelenjar sebum.
                Pada beberapa orang produksi sebum bisa diatas rata-rata jumlah normal, ini yang sering dibilang kulit berminyak. Jenis kulit semacam ini mempunyai potensi jerawatan yang lebih besar. Faktor pemicu lain timbulnya jerawat diantaranya adalah hormon, efek pengobatan tertentu, keturunan dan stress.
                Biasanya jerawat bermasalah karena faktor hormonal itu sering dijumpai pada usia remaja pubertas, soalnya pada masa puber itu produksi sebum meningkat. Jerawat karena pengaruh hormon juga bisa dijumpai pada wanita menjelang menstruasi ato para ibu-ibu yang memakai pil KB. Nah..ternyata makanan yang mengandung lemak semisal; gorengan atau cokelat tidak terlalu berperan dalam timbulnya jerawat.
Berikut tips bebas jerawat:
1.       Bersihkan semua benda atau organ yang bersentuhan dengan wajah. Ada baiknya cuci tangan dulu sebelum mencuci muka
2.       Rajin bersihin wajah 2 kali sehari dengan pembersih khusus wajah tanpa mengandung detergen dan pewangi serta memiliki tingkat pH (kadar keasaman) yang seimbang (pH 5-7)
3.       Bila jerawat sudah banyak menyebar diseluruh wajah, sebaiknya hindari pemakaian make up.
4.       Jika ingin mengeluarkan jerawat, lunakkan dulu kulit yang berjerawat dengan cara mengompresnya dengan air hangat (jangan air mendidih ya..) selama beberapa menit. (biar lebih aman minta bantuan dokter)
5.       Bila wajah mulai berjerawat lakukan pengobatan, biasanya dilakukan 2 cara: oral sama topikal (ini juga ke dokter yaa..)
6.       Banyak minum air putih karena akan menyegarkan kulit dan membantu proses detoksifikasi dalam tubuh
7.       Konsumsi Sayuran dan Buah karena sayur dan buah merupakan antioksidan yang membantu menyegarkan kulit
8.       Olahraga teratur