Anak Susah Makan

Assalamu alaikum dokter bima,
Anak saya yang usia 3 tahun berat badan 13kg nafsu makannya kurang, anak saya lebih senang minum susu daripada makan nasi, paling sehari hanya satu sendok nasi lalu malas untuk makan nasi lagi. Kan makanan pokok orang indonesia itu nasi dok. Saya paksa anak saya makan nasi malah anak saya menangis. Gimana saran dokter bima supaya anak saya mau makan nasi dan tambah nafsu makannya?
Terima kasih .
Wassalam

-Siti Zulaika- via email

Wa'alaikum Salam,Wr.Wb.
Ibu Siti yang baik...bila Anak ibu sudah sulit sekali mau mengkonsumsi nasi sebaiknya ibu melakukan pendekatan yang baik terhadap sang buah hati. Jangan pernah bosan untuk mengenalkan nasi kepada anak ibu, tetapi juga jangan terlalu dipaksakan.
Hal yang paling baik untuk mengenalkan nasi kepada anak ibu yaitu dengan menggunakan produk nasi dengan mengolahnya dalam bentuk ketupat/lontong, dibuat bubur. Ingat juga bu bahwa karbohidrat bukan hanya berasal dari nasi saja, bisa roti, kentang dll. Lalu selalu makan secara bersamaan dengan orang tua dan saudaranya di meja makan atau tempat lain. Jangan selalu berikan makanan instan kepada anak ibu, jajanan dari warung atau produk makanan lainnya.
Hindari makanan tinggi akan gula, seperti permen, sirup dan coklat. dan berikan susu sesudah makan jangan sebelum makan. karena hal ini dapat menimbulkan asam lambung meningkat, anak menjadi kembung, mual dan sama sekali tidak bernafsu makan.Bila anak senang jajan dan sulit sekali dikontrol usahakan makan dahulu baru jajan jangan sebaliknya.
Pemberian multivitamin yang mengandung curcuma juga cukup membantu. Semoga bermanfaat bu siti.
Wssalamu'alaikum,Wr.Wb.