Masa Pertumbuhan Emas Otak Anak

Usia Balita itu merupakan masa pertumbuhan pesat, termasuk otak yang merupakan organ penting sebagai pusat kontrol, berfikir,tingkah laku dan emosi. Pertumbuhan otak atau masa cepat tumbuh otak terjadi ketika janin masih dalam kandungan hingga bayi berusia 18 bulan. Perkembangan otak berlanjut di masa balita, merupakan suatu periode penting bagi proses tumbuh kembang. Pertumbuhan dan perkembangan yang baik di usia balita menjadi penentu keberhasilan pertumbuhan dan perkembangan anak di periode berikutnya.


Otak Janin mengalami periode pertumbuhan cepat (brain growth spurt) pertama kali  pada saat kehamilan trimester ketiga. Pada trimester ketiga itu, sel neuron (sel-sel otak) pada otak besar membelah dan membagi dengan cepat. Berbagai nutrisi berperan penting dalam pembentukan dan perkembangan otak janin yang telah dimulai pada awal kehamilan. Kebutuhan zat gizi yang penting ditingkatkan selama kehamilan adalah karbohidrat (energi), protein, Kalsium (Ca), Fosfor (P), Zat Besi (Fe), Magnesium (Mg), Seng (Zn), Iodium (I), Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B3,  Vitamin B6, Vitamin B9 (Asam Folat), Vitamin C dan Vitamin D. Pada Trimester ketiga usia kehamilan, sangat penting mengonsumsi bahan makanan yang mengandung zat gizi, seperti vitamin B6,Seng, Kalsium, Zat besi, Protein, dan B9 (asam folat).

Masa pertumbuhan emas otak tahapan kedua terjadi saat bayi baru lahir sampai usia 30 bulan. Usia bayi 0-6 bulan sangat disarankan untuk diberikan ASI Eksklusif. ASI mengandung nutrisi yang cukup hingga bayi berusia 6 bulan. Menginjak usia 6-30 bulan bayi mulai diberi makanan sesuai kebutuhan tubuhnya.

Jadi Keberhasilan proses pertumbuhan otak dipengaruhi oleh asupan gizi yang seimbang semasa janin dalam kandungan, bayi dan balita.  Kekurangan zat gizi tertentu dapat menyebabkan perkembangan otak terhambat dan menurunkan kecerdasan anak. Karenanya penerapan pola makan yang baik sudah harus dimulai sejak dini dengan memilih makanan terbaik dengan kandungan nutrisi seimbang dan porsi yang tepat.