Apa itu hormon pertumbuhan?

Banyak orang tua yang ingin anaknya tinggi dengan menggunakan hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan sebenarnya merupakan satu dari berbagai hormon yang ada di tubuh manusia. Hormon ini dibentuk oleh kelenjar hipolsis, yang termasuk dalam sistem saraf pusat. Tugas utamanya berhubungan dengan pertumbuhan badan. Dalam hal ini hormon pertumbuhan berperan pada pertumbuhan tulang, yang menjadi organ penyokong tubuh.

Hormon pertumbuhan juga berperan pada metabolisme. Oleh karena itu penggunaan obat-obatan hormonal perlu ditangani oleh dokter ahli dibidangnya. Kelebihan hormon akibat penggunaan obat yang sembarangan akan berdampak buruk. Maka dari itu diperlukan konsultasi oleh dokter dalam penggunaannya.
Untuk mengetahui apakah seorang anak mempunyai tinggi yang normal, tinggi harus sesuai dengan ukuran tertentu yang disebut persentil. Anak yang normal tinggi dan berat badannya berada dalam kurva normal yang disesuaikan dengan umur. Sedangkan bila tinggi dan berat badannya kurang, maka pertumbuhan anak tersebut berada dibawah kurva normal. Untuk mengetahui hal tersebut orang tua harus rutin membawa anaknya ke dokter anak, minimal setahun sekali. Hal tersebut untuk mengetahui apakah pertumbuhan sang buah hati normal atau tidak. Bila abnormal kan bisa langsung dilakukan penanganan.