Mengajarkan Disiplin Pada Anak

Tiap orangtua pengen anaknya mengikuti aturan yang ada. Tapi kadang-kadang malah sebaliknya, bukan cuma belajar tepat waktu...mandi, dan makan tiap hari saja susah. Jadi terkadang orangtua perlu tekad dan kesadaran dalam mengajarkan disiplin pada anak. Gimana caranya???

  • Sesuaikan usia anak dengan aturan disiplin yang akan diterapkan, sehingga tuntutan orangtuapun akan sesuai dengan tugas perkembangan anak.
  • Peerhatikan hal-hal yang bikin anak tertarik terhadap suatu hal. Kebiasaan yang kurang tepat hendaknya segera dibenarkan.
  • Perhatikan prosesnya...jangan dipaksa untuk cepet berhasil dan banyak mengomentari usahanya, tapi tetep dibimbing...beri terus dukungan dan tumbuhkan keadaran bila si anak belum mencapai hasil sesuai harapan kita.
  • Kasih penghargaan atas keberhasilan anak dengan memberikan pujian atau hadiah yang tidak berlebihan tentunya dan sesuai dengan porsi pencapaian yang di raih si anak.
  • Hukuman bisa juga diterapkan kalo anak melanggar peraturan yang disepakati dan sebaiknya hukuman bukan hukuman fisik, melainkan hukuman yang membangun dan menumbuhkan kesadaran anak bahwa ia telah melanggar aturan yang telah ditetapkan.
Diharapkan dengan mengajarkan disiplin pada anak artinya orangtua sudah mengajarkan keteraturan sejak dini supaya nantinya anak lebih terstruktur dan teratur dalam setiap aktivitasnya.