Penyuluhan Kesehatan Reproduksi


Penyuluhan kesehatan reproduksi dengan pembicara Muhammad Bima Arrynugrah yang dihadiri oleh para ibu-ibu PKK desa randegan dilaksanakan pada jam 09.00 WIB hari jumat tanggal 6 Februari 2009 di balai desa Randegan Kec. Sigaluh Kab. Banjarnegara.
Kegiatan penyuluhan ini awalnya saya kira hanya dihadiri oleh beberapa ibu-ibu saja karena menurut kepala desa di desa randegan ini kesadaran untuk hadir di acara-acara penyuluhan sangat kurang. Ternyata antusias ibu-ibu di desa randegan ini sangat baik. Seluruh kursi di balai desa hampir semuanya terisi, walaupun waktu yang ada sangat pendek karena hari tersebut hari jumat tapi saya coba sajikan dengan padat dan berisi supaya dengan waktu yang sangat sempit tersebut semua materi bisa saya sajikan dengan baik.
Materi yang saya sajikan meliputi: pengenalan alat kontrasepsi, tujuan penggunaan, efektifitas, keuntungan dan kerugiannya; Selain itu juga saya putarkan film animasi 3 Dimensi mengenai anatomi dan fisiologi reproduksi wanita. Alhamdulillah saya mendapat alat peraga dari dinas Keluarga Berencana sehingga dalam menampilkan gambar dan pengenalan alat-alat KB lebih mudah. Selain itu juga diperagakan cara SADARI (Periksa Payudara Sendiri) Tetapi sebagai peraga bukanlah saya melainkan teman saya yang wanita karena mungkin ibu-ibu akan malu bila saya yang menerangkannya dan mempraktekannya he...he...he...
Walaupun hanya dengan minuman air putih saja namun antusias ibu-ibu PKK sangatlah baik. Malah meminta tambahan hari untuk mengupas semua masalah mengenai wanita. Acara ini berlangsung sukses yow...