pelatihan kader posyandu RW X Beji depok

Hari ini jumat 18 maret 2011, pukul 09.00 WIB hingga 10.30 kami mengadakan acara pelatihan kader posyandu khususnya dikalangan RW X beji depok. Sebenarnya acara ini cukup mendadak, karena ketika saya ditemui pada hari kamis,17 maret 2011 tiba-tiba terbesit pikiran saya untuk melatih para kader-kader posyandu yang notabene bukan berbasic kesehatan ini. sebenarnya pelatihan ini situjukkan agar supaya para kader bisa melakukan kegiatan kesehatan yang meliputi tensi dan ukur nadi. Hal yang cukup sederhana buat kita sebagai kalangan medis namun tidak bagi mereka yang tidak berbekal pengetahuan medis. Maka kami berinisiatif untuk mengadakan pelatihan kilat buat para kader posyandu RW X beji depok.

Penting sebenarnya hal tersebut kita lakukan pelatihan, kenapa?karena ketika ada warga yang membutuhkan pemeriksaan sederhana seperti tensi darah yang rumahnya cukup jauh dari petugas kesehatan (dokter,perawat,bidan) bisa memeriksakan dirinya di posyandu terdekat, sehingga peran posyandu bisa benar2 maksimal.
Teknik yang kita ajarkanpun tidak begitu rumit, yang penting kader mengerti benar dan memahami peran dan cara menggunakan alat tersebut. Kegiatan ini dihadiri hanya oleh 5 kader saja karena ada beberapa yang berhalangan hadir. Hal tersebut tidak menyusutkan semangat kami untuk terus membina dan melatih kader-kader dari RW X.
Pelatihan ini juga sebagai bekal untuk acara posyandu yang akan diselenggarakan pada hari selasa 22 maret 2011 besok. Acara yang akan dihadiri sedikitnya 40 lansia yang akan digawangi oleh saya sendiri sebagai dokter pelaksana dan beberapa tim dari klinik bima. Semoga acara ini membawa ilmu yang bermanfaat bagi para kader2 posyandu RW X beji depok sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang sadar akan kesehatannya.